Khasiat Dan Manfaat Buah Noni Atau Mengkudu

Buah yang jika sudah matang berwarna kuning pucat ini pohonnya tumbuh subur dari kepulauan di Pasifik sampai ke Asia Tenggara. Mengkudu atau pace atau disebut juga buah noni ini sebenarnya sudah lama digunakan sebagai obat tradisional, tapi popularitasnya tidak segencar seperti sekarang dimana gaya hidup back to nature sedang trendy.

Mengkudu kini telah menjadi tumbuhan obat populer di beberapa negara, bahkan telah banyak dilakukan penelitian oleh sejumlah dokter dan pakar biokimia modern, dan terbukti bahwa mengkudu memang mempunyai daya penyembuhan yang luar biasa.

Mengkudu memiliki spektrum fitokimia yang sangat luas, beberapa diantaranya hanya terdapat dalam mengkudu. Fitokimia-fitokimia tersebut bersinergi satu dengan yang lain menghasilkan khasiat menyembuhkan aneka penyakit.

Sejauh ini mengkudu relatif aman dikonsumsi sebagai bahan makanan maupun sebagai preskripsi pengobatan.

Berdasarkan penelitian dari kalangan medis di Amerika Serikat, mengkudu ternyata memiliki karakteristik:

  • Mampu bersinergi dengan makanan suplemen lain dan obat-obatan lain
  • Membantu mencegah penyakit secara optimal dengan didampingi oleh antioksidan yang lain
  • Dapat digunakan bersamaan dengan obat-obat lain karena tidak menghasilkan interaksi negatif
  • Membantu penyerapan zat gizi dari makanan dan suplemen lain jika dikonsumsi secara bersamaan
  • Memiliki khasiat untuk memperkuat kinerja enzim-enzim tubuh
  • Relatif aman untuk dikonsumsi dan dijadikan preskripsi pengobatan bahkan untuk ibu hamil, menyusui, dan anak-anak
  • Terbukti efektif dalam mengatasi beberapa jenis penyakit.

KANDUNGAN-KANDUNGAN AKTIF MENGKUDU YANG TERBUKTI BERKHASIAT SECARA ILMIAH

Mengkudu merupakan buah yang bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti protein, vitamin, dan mineral tersedia dalam buah mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu sangat diperlukan untuk membentuk enzim-enzim antioksidan.

Menurut hasil penelitian, selain mengandung zat-zat nutrisi, mengkudu juga mengandung zat-zat aktif seperti: terpenoid, xeronine, proxeronine, sterol tanaman, alizarin, lycine, sosium, asam kaprilat, arginine, antrakuinon, trace elemens, phenylalanine, dsb

Manfaat senyawa terpenoid

Terpenoid dalam senyawa hidrokarbon isometrik yang juga terdapat pada lemak esensial yang penting bagi tubuh. Zat ini membantu tubuh dalam proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel-tubuh.

Manfaat senyawa scopoletin

ANTI BAKTERI

Mengkudu mengandung antrakuinon dan scopoletin yang aktif sebagai anti mikroba terutama bakteri dan jamur sehingga bisa mengatasi peradangan dan alergi.

Jurnal Pacific Science melaporkan bahwa mengkudu mengandung bahan anti-bakteri yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan dan infeksi jantung. Zat antrakuinon yang terdapat pada mengkudu dapat melawan bakteri Staphylococcus yang menyebabkan infeksi pada jantung dan bakteri Shigella yang menyebabkan disentri.

Mengkudu mengandung acubin, asperuloside, alizarin, dan beberapa zat antrakuinon yang terbukti sebagai anti bakteri terhadap Bacillus subtilis, Escherichia coli, Proteus morganii, Pseudomonas aeruginosa, dan Staphylococcus aereus. Juga dapat mengontrol perkembangan bakteri mematikan seperti Salmonella dan Shigella.

Sari buah mengkudu sangat berguna untuk mendukung perawatan dan penyembuhan penyakit infeksi kulit, pilek, demam, dan berbagai masalah kesehatan lain yang disebabkan oleh bakteri.

Dr.Robert Young ahli mikrobiologi dari Utah USA menemukan yeast molds dan jamur beserta racun yang dihasilkannya dapat menyebabkan sel-sel sakit karena meningkatnya derajat keasaman (pH turun). Keadaan ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi sari buah mengkudu, karena mengkudu dapat membantu mengatur keseimbangan pH tubuh, sehingga dapat meningkatkan kemampuan tubuh menyerap vitamin-vitamin, mineral dan protein.

ANTI RADANG DAN ANTI ALERGI

Senyawa scopoletin (7-hydroxy-6-methoxychromen-2-one) sangat efektif sebagai anti-peradangan dan anti-alergi. Literatur-literatur kedokteran melaporkan keberhasilan pengobatan pada arthritis, bursitis, carpal tunnel syndrome, dan alergi dengan menggunakan scopoletin.

Bryant Bloss, M.D., seorang ahli ortopedi dari Indiana USA, melaporkan keberhasilan jus mengkudu, dan kemudian dokter ini menawarkan suplemen jus mengkudu (bukan sebagai obat) kepada para pasiennya.:

  • Menyembuhkan sakit punggung yang dialaminya dan 15 orang pasiennya.
  • Delapan orang pasien menyatakan bahwa sakit lutut akibat osteoarthritis hampir tidak terasa selama mengkonsumsi jus mengkudu.
  • Tiga pasien penderita asma semakin berkurang batuknya
  • Beberapa penderita radang sendi juga mengalami kemajuan yang signifikan setelah mengkonsumsi jus mengkudu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *